Siapa penggemar chemical exfo seperti aku? 

Semenjak coba exfoliating serum beberapa waktu lalu, aku jadi makin semangat untuk explore produk chemical exfoliating lainnya, salah satunya adalah exfoliating toner dari 

Avoskin ini! Toner dengan gabungan AHA, BHA, PHA, Niacinamide, Tea Tree, Witch Hazel, dan Aloevera efektif untuk membersihkan sel kulit mati pada kulit. 

Penasaran nggak sama performanya? Simak review-nya ya!⁣

Dikemas dengan “signature packaging” Avoskin, toner ini memiliki packaging simple berwarna coklat tua dengan bahan plastik. Isinya ada 100ml dengan PAO 12 bulan. 

Main ingredients toner ini juga tertulis lengkap di kemasan box maupun botol produknya.


Tekstur tonernya cair, sangat cair dan runny layaknya air. 

Untuk aromanya sendiri menurutku seperti acid, agak sedikit asam tetapi masih subtle dan nggak menganggu sama sekali! ⁣Saat diaplikasikan, toner ini terasa sedikit perih di wajah. 

Perihnya nggak berlangsung lama dan setelahnya kulit terasa sedikit kencang. 

Biasanya setelah pakai ini aku langsung buru-buru layer dengan hydrating toner agar wajah nggak begitu terasa kering.⁣⁣

Aku pakai ini 2-3x seminggu dengan menggunakan kapas. 

Awal pemakaian, aku sempat megalami purging terutama di area dagu, dimana tempat biasa aku berjerawat saat PMS. Tapi untungnya gak berlangsung lama. 

Purging-nya mereda hanya dalam jangka waktu 1-2 minggu. Setelah purging, performa toner ini malah semakin bagus loh di kulitku!⁣ 

Bekas purging-nya pun cepat pulih dengan bantuan toner ini dengan pemakaian yang rutin.

Aku merasa toner ini mempercepat proses penyembuhan jerawat aktif dan memperbaiki tekstur kulit. 

Ketika kulitku sedang sensitized, toner ini jadi penyelamat untuk membuat kulitku kembali ke kondisi normal. 

Oh ya, aku juga merasa semenjak pakai toner Avoskin ini, blackhead serta whitehead di hidungku berkurang dan nampak lebih sedikit. 

Ini salah satu hasil yang cukup signifikan sih setelah pemakaian Avoskin Miraculous Refining Toner, secara kulitku emang cukup kebal untuk mengurangi blackhead maupun whitehead, jadi saat tau ternyata toner ini membantu kedua masalah itu, aku seneng banget dong!

Toner ini aku nobatkan sebagai salah satu chemical exfoliator favoritku di tahun 2020! Walaupun aku belum banyak explore produk checmical exfoliator, aku udah sempet coba beberapa dan sejauh ini, Avoskin Miraculous Refining Toner adalah juaranya.